Asesmen Lapangan Menjadi Pilar Penting dalam Pencapaian Akreditasi Prodi Pendidikan Guru MI Umsida

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui proses akreditasi yang ketat. Saat ini, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di Umsida telah menjalani asesmen lapangan yang sangat penting dalam rangka memenuhi standar akreditasi yang diinginkan.

Asesmen lapangan merupakan langkah kunci dalam proses akreditasi yang bertujuan untuk mengevaluasi secara mendalam kualitas dan kinerja program studi. Tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengunjungi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada hari Jumat-Sabtu (04-05/08/23) untuk melakukan asesmen lapangan atau penilaian yang komprehensif terhadap PGMI. Kegiatan Asesmen tersbut dilaksanakan di ruang rapat lantai 1 kantor pusat yang ada di kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Tidak hanya dihadiri oleh para pimpinan tingkat universitas, dekan Fakultas agama islam juga kaprodi dan tim akreditasi PGMI tetapi kegiatan ini juga menghadirkan pengguna lulusan,  alumni dan juga mahasiswa PGMI.

Dalam wawancara dengan Kaprodi Pendidikan Guru MI, Dzulfikar Akbar Romadlon, M.Ud., beliau menyatakan, “Kami berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas bagi calon guru MI. Asesmen lapangan ini adalah langkah penting dalam memastikan bahwa program studi kami memenuhi standar yang ditetapkan oleh BAN-PT.”

Selama asesmen lapangan, asesor BAN-PT telah mengamati sejumlah aspek penting, termasuk kualitas kurikulum, fasilitas belajar, kemampuan dosen, dukungan administrasi, serta capaian mahasiswa. Proses ini memungkinkan para asesor untuk memahami secara mendalam sejauh mana PGMI di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo telah memenuhi standar akreditasi yang ketat.

Hasil dari asesmen lapangan ini akan menjadi landasan penting dalam penentuan status akreditasi PGMI di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Hasilnya akan mencerminkan komitmen universitas dalam menjaga dan meningkatkan kualitas program pendidikan guru MI, yang pada gilirannya akan memberikan manfaat besar bagi calon guru MI yang akan mendapatkan pendidikan berkualitas dari Umsida.

Related Posts

Pelaksanaan Evaluasi Kepuasan Tendik Ganjil 2023/2024

Assalamu’alaikum wr. wb. Sehubungan dengan akan berakhirnya perkuliahan semester Ganjil...

Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Dosen (EKD) Ganjil 2023/2024

Assalamu’alaikum wr. wb. Sehubungan dengan akan berakhirnya perkuliahan semester Ganjil...

Pelaksanaan Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Ganjil 2023/2024

Assalamu’alaikum wr. wb. Sehubungan dengan akan berakhirnya perkuliahan semester Ganjil...