Penguatan Kualitas Pendidikan Bahasa Inggris Melalui Asesmen Lapangan dalam Proses Akreditasi Program Studi

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo telah menjalani asesmen lapangan yang ketat dalam rangka proses akreditasi yang diselenggarakan pada Senin-Selasa (21-22 Agustus 2023). Asesmen lapangan ini merupakan langkah krusial dalam memastikan bahwa program studi ini memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Asesmen lapangan merupakan bagian integral dari proses akreditasi yang mencakup evaluasi mendalam terhadap berbagai aspek Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Tim asesor yang terdiri dari para ahli bidangnya telah melakukan kunjungan ke kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo untuk menilai kualitas program studi ini. Kegiatan yang dilakukan di ruang rapat lantai 1 kantor pusat Umsida terlaksana dengan lancar dan tanpa ada hambatan dalam proses asesmen lapangan.

Selama asesmen lapangan, tim asesor telah melakukan observasi terhadap fasilitas dan sumber daya yang tersedia, mengikuti perkuliahan, dan berinteraksi dengan dosen dan mahasiswa. Mereka juga telah mengevaluasi kurikulum, metode pengajaran, serta capaian pembelajaran yang telah dicapai oleh mahasiswa.

Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan, Dr. Septi Budi Sartika, M. Pd., menyatakan, “Kami sangat berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Inggris di Umsida ini. Asesmen lapangan ini adalah langkah penting dalam memastikan bahwa kami terus bergerak menuju standar internasional dalam pendidikan bahasa Inggris.”

Hasil asesmen lapangan akan menjadi dasar penting dalam menentukan apakah Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo layak untuk menerima akreditasi atau perlu melakukan perbaikan tertentu. Hasilnya juga akan memberikan panduan bagi universitas dalam upaya terus-menerus memperbaiki mutu pendidikan mereka.

Asesmen lapangan ini adalah bukti komitmen kuat untuk meningkatkan mutu pendidikan bahasa Inggris di Indonesia. Proses ini memastikan bahwa para lulusan program studi pendidikan bahasa inggris akan memiliki kualifikasi yang kompetitif dan relevan dalam dunia kerja global. Diharapkan bahwa hasil dari asesmen lapangan ini akan memberikan dorongan positif bagi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Umsida dan pendidikan bahasa Inggris secara keseluruhan di Indonesia.

Related Posts

Pelaksanaan Evaluasi Kepuasan Tendik Ganjil 2023/2024

Assalamu’alaikum wr. wb. Sehubungan dengan akan berakhirnya perkuliahan semester Ganjil...

Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Dosen (EKD) Ganjil 2023/2024

Assalamu’alaikum wr. wb. Sehubungan dengan akan berakhirnya perkuliahan semester Ganjil...

Pelaksanaan Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Ganjil 2023/2024

Assalamu’alaikum wr. wb. Sehubungan dengan akan berakhirnya perkuliahan semester Ganjil...