BPM lakukan Benchmarking Eksternal untuk Tingkatkan Mutu Tata Kelola

Peningkatan mutu menjadi sasaran dari benchmarking eksternal yang dilakukan oleh BPM UMSIDA. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah – Aisyiyah (PTMA), menjadi PT yang dituju. UMY mendapatkan rekognisi Unggul dan bertaraf Internasional yang menjadikan UMY pantas untuk menjadi rujukan dalam peningkatan mutu UMSIDA, khususnya mutu tata kelola.

Kegiatan benchmarking ini dilakukan bersama beberapa unit kerja lain yang terkait, seperti Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (DSTI), Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia (DPSDM), dan Direktorat Admisi. Tim BPM sendiri terdiri dari Kepala BPM, Kabid SPMI, dan Kasie Pusat Data dan Informasi Strategis. Jajaran Pimpinan UMSIDA juga turut menyertai kegiatan benchmarking ini, yaitu Rektor, Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2, dan Wakil Rektor 3, yang menunjukkan tingginya komitmen UMSIDA terhadap peningkatan mutu.

Benchmarking ini dilakukan pada hari Rabu, 8 Mei 2024. Rombongan UMSIDA diterima di Gedung A – A.R. Fachruddin, di sebuah ruangan rapat di lantai 7, oleh Prof. Dr. Nano Prawoto, S.E., M.Si., selaku Wakil Rektor bidang Sumber Daya Manusia beserta beberapa kepala lembaga tingkat universitas terkait. Sebelum masuk pada sesi diskusi, pihak UMY sebagai tuan rumah mempresentasikan proses tata kelola di UMY dari masing-masing lembaga.

BPM UMSIDA mendapatkan kesempatan untuk mempelajari bagaimana implementasi siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan) di UMY melalui pemaparan materi oleh Kepala BPM UMY. Terdapat beberapa poin perbedaan yang dapat dijadikan rujukan pengembangan dari materi yang disampaikan, salah satunya adalah pelaksana evaluasi sebagai bagian dari BPM. Selain itu, integrasi dari sistem informasi yang berhubungan dengan implementasi sistem penjaminan mutu internal juga menjadi rujukan pengembangan.

Hasil benchmarking eksternal kemudian ditindaklanjuti oleh BPM dengan langkah konkret. Penyesuaian dalam proses Audit Mutu Internal menjadi salah satu bentuk tindak lanjut yang dilakukan oleh BPM. Selanjutnya, BPM berkoordinasi dengan DSTI dalam pengembangan sistem informasi SPMI yang memfasilitasi siklus PPEPP di lingkungan UMSIDA menjadi lebih baik lagi.

Penulis : Wiwid