TINGKATKAN MUTU LABORATURIUM BERBASIS ISO/IEC 17025:2017

Badan Penjaminan Mutu (BPM) Bekerja sama dengan Fakultas Sains & Teknologi serta Fakultas Ilmu Kesehatan UMSIDA mengadakan pelatihan sertifikasi laboratorium, dengan mengusung tema besar General Requirements for the Competence of Testing and Calibration Laboratories. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama dua hari, selasa-rabu (08-09 Agustus 2022), bertempat di ruang rapat gedung A Kampus 1 Sidowayah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Pemateri pada acara tersebut adalah Dr. Muhammad Rosiawan, M.T sosok yang memiliki keahlian dalam bidang Management System Standards, Economic Benefits of Standard, Cost of Quality. Sementara itu, peserta adalah Kaprodi & Sekprodi Teknologi Hasil Pangan (THP), Agroteknologi, Teknologi Laboratorium Medis (TLM), seluruh Kepala Laboran & Laboran di lingkungan UMSIDA.

Dalam pelatihan ini, peserta diberikan pengetahuan dan wawasan tentang bagaimana standarisasi operasional laboratorium yang sesuai dengan SNI ISO/IEC 17025:2017, file prosedur mutu apakah sudah mencukupi untuk memenuhi persyaratan SNI ISO/IEC 17025:2017, penanganan Produk Uji dan komitmen manajemen terhadap perlindungan dan kerahasiaan Informasi Customer. Peserta juga mendapatkan pemahaman tentang bagaimana pelayanan laboran terhadap mahasiswa yang berorientasi kepada wilayah akademik maupun masyarakat yang menginginkan penanganan uji produk atau standarisasi dari laboratorium, yang sesuai dengan standart SNI ISO/IEC 17025:2017.

Selain itu, peserta pelatihan sertifikasi laboratorium juga diberikan pemahaman tentang bagaimana tata kelola laboratorium yang benar, mendata dan mengatur kelengkapan sarana prasarana laboratorium, maupun membuat struktur kelembagaan laboratorium. Kepala BPM UMSIDA Dr. Nurdyansyah, M.Pd., menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan sertifikasi laboratorium tidak hanya memberikan bekal pemahaman tata kelola laboratorium yang sesuai dengan SNI ISO/IEC 17025:2017, tetapi juga akan memberikan dampak kerja yang profesional bagi laboran di lingkungan UMSIDA, baik bagi mahasiswa maupun masyarakat. Sehingga, mahasiswa dan masyarakat akan merasakan buah dari dampak profesionalitas layanan kerja para laboran UMSIDA. UMSIDA terus berproses untuk peningkatan mutu dan tata kelola kelembagaan sebagaimana jargon umsida dari sini pencerahan bersemi yang diwujudkan dalam catur darma perguruan tinggi (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Pendidikan, Penelitian, dan PkM) yang tidak hanya sesuai dengan standar Dikti akan tetapi melampaui standar Dikti yang telah ditetapkan.