Asesmen Lapangan Program Studi PGSD: Menilai Kualitas Calon Guru Lebih Akurat

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kembali menunjukan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan guru sekolah dasar dengan melaksanakan asesmen lapangan dengan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) yang dilaksanakan selama dua hari Rabu dan Kamis (08-09/02/2023). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan salah satu program unggulan dalam mempersiapkan calon guru SD yang berkualitas. Asesmen lapangan Prodi PGSD merupakan suatu langkah penting dalam memastikan bahwa mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di prodi ini memiliki kemampuan dan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan dunia pendidikan yang pastinya terus berkembang.

Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang rapat lantai 1 kantor pusat kampus 1 Universitas Muhammdiyah Sidoarjo. Asesmen ini dilakukan secara berkala sebagai bagian dari proses evaluasi dan perbaikan berkelanjutan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida). Salah satu ciri khas dari kegiatan asesmen ini adalah dengan lebih berfokus pada pengalaman praktik lapangan mahasiswa di berbagai sekolah dasar yang ada di sekitar Sidoarjo. Dalam asesmen ini, mahasiswa diuji dalam berbagai aspek termasuk aspek kemampuan mengajarnya, perencanaan pembelajaran, dan adaptabilitas terhadap lingkungan sekolah yang beragam. Seluruh civitas Umsida turut hadir dalam kegiatan ini seperti rektor, wakil rektor I-III, direktorat/lembaga/UPT, Dekan FPIP, Kaprodi berserta tim akreditasi PGSD.

Kaprodi PGSD, Ibu Kemil Wachidah, M.Pd menyatakan, “ Kami akan selalu berusaha memberikan pendidikan yang terbaik kepada mahasiswa PGSD kami. Asesmen lapangan yang kami lakukan adalah sebagai salah satu alat penting untuk memastikan bahwa lulusan PGSD di Umsida memiliki kualifikasi yang kuat sebagai guru SD yang profesional dan berkualitas.” Hasil asesmen lapangan PGSD Umsida akan digunakan sebagai dasar untuk pengembangan kurikulum, peningkatan dalam metode pengajaran, serta penilaian kinerja dosen pengajar

Dengan demikian, asesmen ini memberikan dampak positif terhadap perbaikan keseluruhan program studi PGSD di Umsida. Dengan pelaksanaan asesmen lapangan yang berkelanjutan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo akan terus berkomitmen untuk terus menghasilkan lulusan Guru SD yang berkualitas dan siap berkontribusi dalam mendukung pendidikan dasar yang unggul di berbagai daerah terutama di Sidoarjo.

Related Posts

Pelaksanaan Evaluasi Kepuasan Tendik Ganjil 2023/2024

Assalamu’alaikum wr. wb. Sehubungan dengan akan berakhirnya perkuliahan semester Ganjil...

Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Dosen (EKD) Ganjil 2023/2024

Assalamu’alaikum wr. wb. Sehubungan dengan akan berakhirnya perkuliahan semester Ganjil...

Pelaksanaan Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Ganjil 2023/2024

Assalamu’alaikum wr. wb. Sehubungan dengan akan berakhirnya perkuliahan semester Ganjil...