Tingkatkan Mutu Akademik, UMSIDA Adakan Pelatihan Auditor Akademik Internal

Good Governance menjadi isu yang sangat penting dalam pengelolaan organisasi. Konsep ini dikembangkan di semua lini dalam pengelolaan organisasi termasuk lembaga akademis. Universitas Muhammadiyah (UMSIDA), melalui Badan Penjaminan Mutu (BPM) yang bekerja sama dengan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah menyelenggarakan pelatihan Audit Akademik Internal yang diselenggarakan di UMSIDA pada 7-8 Agustus 2019 di kampus UMSIDA Sidoawayah, Sidoarjo.

Tujuan pelatihan ini, seperti disampaikan oleh narasumber tim asistensi Diktilitbang PP Muhammadiyah Munawar Khalil, MA., agar masing-masing PTM dan PTA dapat melakukan audit mutu internal sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan. “Audit internal selain sebagai keharusan konstitusi, juga sebagai acuan dari sistem manajemen PTM dan PTA,” terang Munawar, Rabu (7/8/2019).

Dalam pelatihan ini peserta diharapkan dapat memahami bagaimana manajemen audit dan metode audit. “Peserta diharapkan juga dapat membuat rubrikasi audit dan daftar pertanyaan audit,” ucap Munawar. Munawar berharap, karena audit internal merupakan keharusan konstitusi, maka harapannya setelah pelatihan ini peserta sudah dapat mencantumkan audit mutu internal dalam kalender akademiknya.

Dalam sambutannya, Rektor USMSIDA Dr. Hidayatulloh M.Si mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bagian dari komitmen insitusional untuk meningkatkan mutu akademik di UMSIDA. “Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sebagai lembaga pendidikan tinggi dituntut untuk menata diri sehingga menjadi perguruan tinggi yang efisien dan dikelola secara profesional, akuntable, dan transparan,” ujar Dr. Hidayatulloh, M.Si. “Diharapkan para auditor dapat mendukung kegiatan akademik di Umsida,” lanjutnya.

Kegiatan ini melatih 25 dosen yang akan tersertifikasi sebagai Auditor Akademik Internal dan memiliki kompetensi untuk menjalankan fungsinya sebagai auditor akademik. Keberadaan 25 Auditor Akademik Internal UMSIDA dipersiapkan untuk membantu fakultas, jurusan, dan prodi dalam melakukan evaluasi sistem dan pelaksanaan akademik, disamping berperan sebagai katalisator dan konsultan akademik internal.

Kepala Badan Penjamin Mutu UMSIDA Dr. Nurdyanysah M.Pd mengungkapkan bahwa sistem mutu diharapkan juga menjadi bagian dari tradisi yang dikembangkan di UMSIDA, lebih khusus dalam hal konteks akademik. “Seluruh peserta pelatihan dapat menjadi auditor yang kompeten dan membudayakan standar mutu di Umsida,” ungkapnya. (adji)

Posted in Berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *