Pelatihan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin)

Pada Tanggal 06 Maret 2017 bertempat di Kampus I Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, BPM UMSIDA melaksanakan kegiatan Pelatihan 5R dengan pemateri Bp. Rosiawan MT. Apakah gerakan 5R itu? Pada dasarnya, gerakan ini merupakan kebulatan tekad untuk mengadakan pemilahan di tempat kerja, mengadakan penataan, pembersihan, memelihara kondisi yang mantap dan memelihara kebiasaan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik.

 

BPM UMSIDA Melaksanakan Studi Banding ke LPM Universitas Kristen Petra Surabaya

BPM UMSIDA Melaksanakan Studi Banding ke Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Kristen Petra Surabaya

Dalam upaya untuk peningkatan mutu, perbaikan sistem mutu, penentuan kebijakan mutu, perbaikan peraturan mutu, dan lain-lain terkait dengan panjaminan mutu di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, pada tanggal 22 Februari 2017 BPM bersama PUSDASIM UMSIDA melaksanakan kegiatan Studi Banding ke  BPM UMSIDA Melaksanakan Studi Banding ke Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Kristen Petra Surabaya, Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya. Semoga kegiatan ini dapat membantu mempercepat mewujudkan UMSIDA menjadi perguruan  tinggi bermutu tingkat nasional tahun 2020, sesuai dengan Visi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Pelatihan Verifikasi Keuangan Internal

Verifikasi keuangan atau dikenal dengan istilah pemeriksaan keuangan atau audit keuangan adalah salah satu bidang yang penting dalam proses bisnis sebuah organisasi. Pemeriksaan keuangan ditujukan untuk memberikan keyakinan atas dokumen/laporan yang telah/akan disajikan. Dalam konteks pengendalian internal perusahaan, verifikasi juga dilakukan untuk memastikan proses yang telah terjadi dalam organisasi telah dilakukan secara efisien dan efektif. Sedangkan dalam konteks eksternal audit langkah langkah verifikasi juga dilakukan untuk proses pengujian substantif oleh eksternal auditor dengan menguji kewajaran saldo saldo yang dilaporkan dalam laporan keuangan. Pemahaman atas langkah-langkah dalam verifikasi sangatlah penting dalam rangka pencegahan terjadinya ketidak efisienan dalam proses bisnis di perusahaan.

Dalam konteks pengendalian internal, maka BPM UMSIDA pada 30 Januari 2017 melaksanakan Pelatihan Verifikasi Keuangan Internal yang di ikuti oleh Tim Verifikasi Keuangan Internal, bertempat di Kampus I UMSIDA, Jl. Mojopahit 666B Sidoarjo.

Surveillance Visit ISO 9001:2015 Oleh LCM Group

Sertifikasi ISO 9001 akan memberikan manfaat maksimal kepada organisasi, jika organisasi tersebut menjalankan ISO 9001 dengan cara yang benar dan praktis. dengan implementasi yang benar Ini, akan memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu yang diadopsi, bekerja untuk upaya peningkatan dan bukan hanya satu set prosedur yang disimpan dan dipajang saja, dan dipakai pada saat ada audit. Dengan mengadopsi pendekatan proses yang baik dengan praktek kerja lebih efisien dan berfokus pada tujuan organisasi, maka akan mencapai sebuah sistem yang akan membantu dan mendukung organisasi, dalam meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

Pada tahun 2016 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melakukan up grade Sertifikasi ISO, dari ISO 9001:2008 ke ISO 9001:2015, yang pada tanggal 06 Desember 2016 telah dilaksanakan Surveillance Visit ISO 9001:2015 Oleh LCM Group.

Audit Laboratorium

Sebagai tempat untuk berlatih mengembangkan keterampilan intelektual melalui kegiatan pengamatan, pencatatan dan pengkaji, laboratorium harus dapat mengimplementasikan dan memelihara sistem manajemen untuk laboratorium pengujian dan / atau kalibrasi sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. BPM UMSIDA melalui Tim Gugus Jaminan Mutu dan Unit Jaminan Mutu, pada bulan Oktober 2016 melaksanakan Audit Laboratorium terhadap seluruh Laboratorium yang ada di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memverifikasi bahwa kegiatan laboratorium tersebut telah sesuai dengan persyaratan sistem manajemen.

UMSIDA Menjadi Tuan Rumah Bimtek SPMI Direktorat Penjaminan Mutu, Ditjen Belmawa Kemenristek Dikti

Dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan Tinggi, Direktorat Penjaminan Mutu, Ditjen Belmawa Kemenristekdikti menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Internal yang dilaksanakan pada 13 s/d 14 Oktober 2016 bertempat di Kampus I Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jl. Mojopahit 666B Sidarjo. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi masing-masing. Kegiatan ini  diikuti oleh Perguruan Tinggi dari Kopertis Wilayah VII Jawa Timur.

 

Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

BPM Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menyelenggarakan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), bertempat di Kampus I UMSIDA, Jl. Mojopahit 666B Sidoarjo, pada 12 Oktober 2016 dengan pemateri Prof. Ir. MOSES LAKSONO SINGGIH, MSc, MRegSc, PhD, IPU. Pelatihan ini bertujuan untuk percepatan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), BPM melalui Tim Gugus Jaminan Mutu (GJM) dan Unit Jaminan Mutu (UJM) akan melakukan pendampingan (nurturing) implementasi SPMI di perguruan tinggi. Pendampingan implementasi SPMI di perguruan tinggi terutama menyangkut hal mendasar, yaitu tersedianya dokumen-dokumen SPMI dan baru kemudian cara meng-implementasikannya.

BPM UMSIDA Melaksanakan Studi Banding ke Pusat Jaminan Mutu Universitas Brawijaya Malang

Dalam rangka atau upaya untuk peningkatan mutu, perbaikan sistem mutu, penentuan kebijakan mutu, perbaikan peraturan mutu, dan lain-lain terkait dengan panjaminan mutu di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, pada tanggal 18 April 2016 BPM bersama Tim Gugus Jaminan Mutu dan Unit Jaminan Mutu melaksanakan kegiatan Studi Banding ke Pusat Jaminan Mutu Universitas Brawijaya Malang, Jalan Veteran, Malang, 65145. Semoga kegiatan ini dapat membantu mempercepat mewujudkan UMSIDA menjadi perguruan  tinggi bermutu tingkat nasional tahun 2020, sesuai dengan Visi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.